TRAINING SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERGUDANGAN

TRAINING SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERGUDANGAN

TRAINING WAREHOUSE MANAGEMENT

TRAINING SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

pelatihan sistem informasi manajemen pergudangan di jakarta

LATAR BELAKANG:
Gudang merupakan bagian penting dari supply chain management. Akurasi stock, order picking system, pengisian kembali stock yang berkurang merupakan kunci penting dalam meningkatkan kecepatan pelayanan.

Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kemampuan untuk mengelola persediaan yang ada di gudang

Komputerisasi adalah pemanfaatan komputer sebagai sarana pengolah data, dimana persoalan yang akan didukung oleh komputer harus dapat dijabarkan kedalam sejumlah langkah penyelesaian yang pasti dengan sejumlah masukan dan keluaran yang sudah ditetapkan

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan akibatnya pada tindakan atau keputusan saat ini atau yang akan datang.

Nilai informasi adalah nilai dari perubahan tingkah laku keputusan yang disebabkan oleh informasi dikurangi pengorbanan atau biaya untuk mendapatkan informasi tersebut.

Management sumber daya informasi adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa informasi adalah sumber daya yang berharga dan harus dikelola seperti sumber daya yang lain seperti uang, material, dan manusia

Umur Informasi adalah lamanya informasi disimpan atau dipelihara dalam suatu sistem informasi.

Inventory Management System adalah suatu aplikasi yang akan memerlihara informasi dasar tentang status part/ material yang terdapat dalam gudang.

TUJUAN/MANFAAT:
Pelatihan ini akan membantu peserta dalam memahami fungsi dari sistim informasi pergudangan dan pengaruhnya dalam meningkatkan efisiensi operasi gudang

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan:
  1. Memahami perencanaan dan pengawasan (control) stock material sehingga biaya inventory bisa ditekan secara efektif.
  2. Memahami data data persediaan yang perlu dipelihara
  3. Memahami cara mengaplikasikan sistim informasi manajemen pergudangan

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Peserta dari pelatihan ini adalah Manajer dan Staf yang mengelola persediaan dan gudang baik di perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dan organisasi lainnya

CAKUPAN MATERI TRAINING :
  1. Pengertian Sistim Informasi
  2. Sistim Informasi Pergudangan
  3. Fungsi utama dari aplikasi adalah memelihara data jumlah barang yang ada (on hand quantity) baik yang sudah dialokasikan untuk suatu proyek tertentu, ataupun yang merupakan stock.
  4. Memelihara perpindahan material baik yang masuk ke gudang (received/ incoming) ataupun yang keluar dari gudang (issued/outgoing).
  5. Disamping itu akan didapti pula fungsi transfer, yaitu perpindahan material dari stock ke project tertentu atau sebaliknya dari projek tertentu ke stock .
  6. Disamping itu aplikasi Item Master juga memelihara data lokasi material, baik material yang disimpan digudang (rak-rak) ataupun dilokasi lain. Penentuan lokasi ini berguna untuk mendapatkan barang secara cepat serta menggunakan tempat (space) secara efektif.
  7. Aplikasi Item Master ini akan berhubungan (berinterface) dengan aplikasi Bill of Material (BOM), procurement dan Material Requirement Planning (MRP).
  8. Dari BOM, aplikasi Item Master akan mengambil informasi-informasi dasar tentang material yaitu material ID number, material number, material name dan sebagainya.
  9. Dari Purchasing aplikasi Item Master mendapatkan data yang berhubungan dengan penerimaan barang seperti Purchase Order (PO) number, quantity Received dan sebagainya. Sedangkan dari aplikasi MRP, aplikasi Item Master akan memperoleh data material / part yang sudah teralokasi untuk suatu proyek tertentu.
10. Incoming Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaksi penerimaan material pada saat material diterima di gudang.
11. Outgoing Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaction pengeluaran material pada saat material keluar dari gudang.
12. Transfer Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data perpindahan material dari yang teralokasi pada projek ke stock, atau sebaliknya dari stock ke proyek tertentu. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material dipindahkan
13. Adjustment Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data penyesuaian jumlah material (tambah atau kurang) antara yang tercatat dalam tabel dengan yang ada secara fisik. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material disesuaikan .
14. Laporan Status & Lokasi Material yang ada di gudang .
15. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek tertentu.
16. Laporan Tahunan Physical Inventory dan sebagainya.
17. Laporan status & Lokasi Material yang ada digudang.
18. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek.
19. Laporan tahunan Physical Inventory.

INSTRUCTOR : Ir. Akhmad Dimyati, MBA

INSTRUKTUR TRAINING
Ir. Akhmad Dimyati,MBA. was born December 12^th 1954 in Bandung, He was graduated from Industrial engineering Institut Teknologi Bandung, ITB for his bachelor and from magister business administration ITB for his magister program. From 1982 – 2003 he worked at PT.INTI (persero) for some position, such as manager of production control, manager of quality audit, expert staff for development, manager of training and education/diklat, and unit head for small business development assistance. He was also as member of supervisory board for pension fund koperasi yayasan kesejahteraan pegawai at PT.INTI(persero). Since 1982 he has been as lecturer for university in Bandung at industrial engineering for bachelor and magister program. Ir. Akhmad Dimyati, MBA. has followed many courses to improve his competencies. And now he is becoming trainer for industrial training for topics in his competencies, such as logistics management, project management, production management, Balanced Score Card, supply chain and
warehousing management. Mr. Akhmad Dimyati has much real experiences and he also do consultation projects. With his complete knowledge and experiences he will share in his training class to participants.

Jadwal pelatihan warehouse management di jakarta :

· 2 – 4 Januari 2019

· 4 – 6 Maret 2019

· 16 – 18 April 2019

· 27 – 29 Mei 2019

· 23 – 25 Juli 2019

· 24 – 26 September 2019

· 11 – 13 November 2019

Catatan : Jadwal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon peserta training inventory management pasti jalan

Invetasi dan Lokasi pelatihan supply chain management di jakarta :

· Yogyakarta, Hotel 101 (6.500.000 IDR / participant)

· Jakarta, Hotel Amaris Kemang (6.500.000 IDR / participant)

· Bandung, Hotel Neo Dipatiukur (6.500.000 IDR / participant)

· Bali, Hotel Ibis Kuta(7.500.000 IDR / participant)

· Surabaya, Hotel Amaris, Ibis Style (6.000.000 IDR / participant)

· Lombok, Sentosa Resort (7.500.000 IDR / participant)

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas  pelatihan inventory management di jakarta :

  • FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
  • FREE Akomodasi ke tempat pelatihan bagi peserta training supply chain management jakarta pasti running
  • Module / Handout training warehouse management jakarta fixed running
  • FREE Flashdisk
  • Sertifikat training sistem informasi manajemen pergudangan di jakarta murah
  • FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
  • Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
  • 2xCoffe Break & 1 Lunch, Dinner
  • FREE Souvenir Exclusive
  • Training room full AC and Multimedia

.